Type something and hit enter

ads here
author photo
By On
Dalam tutorial ini kita akan mencoba Connect ke Database Menggunakan Django. Django adalah framework aplikasi web open source yang ditulis dengan Python. framework adalah kumpulan komponen yang membantu Anda mengembangkan situs web lebih cepat dan mudah. Salah satunya Django, yuk kita mulai.
Pertama
Pertama, Anda harus mendownload dan menginstal IDLE Python, berikut link untuk Integrated Development And Learning Environment untuk Python https://www.python.org/downloads/.
Setelah Python IDLE terinstal, buka command prompt lalu ketik "pip install Django", dan tekan enter.

Tunggu Django didownload dan diinstal pada secara bersamaan. Kemudian setelah itu ketik "python -m django version" untuk memeriksa apakah Django sudah terinstal dan memeriksa versinya
Membuat Aplikasi
Setelah setting Django kita sekarang akan membuat aplikasi web untuk database server. Pertama cd ke direktori di mana Anda ingin menyimpan kode Anda, lalu ketik "Django-admin startproject Tutorial". Folder baru akan dibuat pada direktori bernama 'Tutorial'.

Menjalankan Server
Setelah membuat sebuah project, cd ke direktori yang baru dibuat, lalu ketik "manage.py runserver" untuk menjalankan server yang sedang berjalan. The "manage.py" adalah perintah Django-admin yang memanfaatkan tugas-tugas administratif dari framework web python.

Inilah gambaran python web server:

Catatan: Ketik '127.0.0.1:8000' di browser url untuk melihat server. Bila ada perubahan kode di server saja (ctrl + C) ke command prompt agar server berhenti berjalan, maka mulailah lagi untuk menghindari error.
Membuat Website
Kali ini kita akan membuat aplikasi web untuk menampilkan model web. Pertama cari direktori aplikasi via command prompt cd, lalu ketik "manage.py startapp mysite". Sebuah direktori baru akan dibuat di dalam aplikasi bernama "mysite".

Membuat Database
Setelah aplikasi web sudah dibuat, sekarang kita akan membuat database. Pertama pergi ke direktori mysite kemudian buka "models.py" ke python IDLE's atau editor teks apapun. Kemudian copy / paste kode di bawah ini di dalam file "models.py".


from django.db import models
# Create your models here.
class Member(models.Model):
    firstname = models.CharField(max_length=50)
    lastname = models.CharField(max_length=50)
    def __str__(self):
        return self.firstname + " " + self.lastname
class Subject(models.Model):
    subject = models.ForeignKey(Member, on_delete=models.CASCADE)
    subject_title = models.CharField(max_length=100)
    def __str__(self):
        return self.subject_title
Lalu masuk ke direktori Tutorial, dan buka "settings.py". Untuk melakukan ini, tambahkan kode baris ini ke variabel INSTALLED_APPS.
'Mysite.apps.MysiteConfig'

INSTALLED_APPS = [
    'mysite.apps.MysiteConfig',
    'django.contrib.admin',
    'django.contrib.auth',
    'django.contrib.contenttypes',
    'django.contrib.sessions',
    'django.contrib.messages',

    'django.contrib.staticfiles',
Kemudian setelah itu buka command prompt, dan masuk ke direktori Tutorial ketik 'manage.py makemigrations mysite' dan tekan enter. Ini akan menghubungkan database baru ke server, ketik 'manage.py migrate', lalu tekan enter untuk mengaktifkan model database.
Membuat Akun Admin
Setelah menyiapkan Database kita akan membuat admin untuk mengotorisasi pengelolaan database. Ketik '' manage.py createuperuser "dan tekan enter, lalu isi kolom yang diminta.

Sekarang semuanya sudah siap, mulai lagi server via command prompt 'manage.py runserver'. Lalu ketik "http://127.0.0.1:8000/admin/" di alamat url. Setelah itu login akun yang sudah anda buat.

Maka pada akhirnya Anda terhubung ke Database Server Python Menggunakan Django Web Framework. Saya harap tutorial sederhana ini membantu Anda memahami bagaimana Django bekerja. Untuk lebih update dan tutorial silakan terus kunjungi blog ini, Enjoy Coding !!!

Click to comment